Sabtu, 04 Januari 2014

Pacitan, rasa Lombok di Pulau Jawa (Top part, 1 from 3)

Behind The Trip

Tanggal 24 desember 2013 pukul 00.30 gue mendadak berteleport. Beberapa jam lalu gue masih tidur melingkar di kamar sambil menahan sakit di perut, dan sekarang gue sudah tidur manja di ruang IGD RS. Kasih Ibu Surakarta, dengan diagnosa kolik usus & diare. Dokter yang bermuka datar sepertinya berencana merawat inpakan gue setelah proses observasi. Buru-buru gue kirim sms ke 2 orang terdekat Mamang, temen kantor gue yang masih melek jam segitu, dan Mahardika, temen gue dari TK yang lagi galau meninggalkan Balikpapan yang penuh cewek kece. Setelah proses obervasi yang lama dan bikin deg-degan karena mikirin udah berapa nyawa yg melayang di kasur ini, gue dapet kabar baik kalo gue boleh rawat jalan. Selain itu, Mamang dengan suara cemasnya ngasih gue ijin buat ngga masuk kantor di tanggal 24, sehari sebelum libur natal.
   Bosenlah gue dirumah, ngga ada kerjaan, dan keadan gue jauh jauh jauh lebih baik. Random gue ngajakin semua orang di kontak wahtsap, bbm, line buat keluar makan bubur ayam di Manahan. Kata dokter gue suruh makan bubur dulu beberapa hari kedepan, no makanan spicy, pedas dan bersantan. Temen-temen gue lagi pada sibuk semua, hikss sedih banget. Kepikiran mau ngantor, tapi gue urungkan, takut gue di sambit Mamang.
   Tuhan tetep baik sama gue, Mahar lagi day off soalnya semalem dia baru flight back dari tugas lapangan di Sangatta. Lumayanlah gue ada temen teleponan. Biasanya kita suka sesi curhat malem-malem kali ini di pagi produktif saat orang pada kerja. Dari obrolan panjang, dia ngajakin gue ngetrip, itung-itung merealisasikan planing Rinjani Juni tahun kemarin yang gagal (gue sih yg gagal soalya lagi TA), planing ngeteng ke Lombok nemenin gue naik truck juga masih di awang-awang. "Realisasikan lah Ni, masa kita temenan lama ngga pernah ngetrip bareng" Mahar terus terusan manas-manasin gue. "Realisasikan dari Hongkong, lo aja di Bekasi gue di Solo. Men gue lagi sakit men". "Mana ada orang sakit suaranya galak" kampret, pinter banget sih ni anak mbalikin omongan gue. Akhirnya gue menyerah "OK! kita ngetrip, terserah lah mau kemana, tapi meeting point di Solo, it's mean lo baik dulu", gue udah pasang senyum kemenangan, gue yakin bakal impossible soalnya setau gue Mahar ngga punya planing pulang ke Solo, sampai besok February.
   Jam 19.00 gue lagi ngeluarin mobil dari kandangnya, sambil nelfon Mahar "Udah landing ?". Yes, dengan amazingnya itu bocah pulang ke Solo, gue tanya kapan beli tiketnya, dia bilang cuma beberapa saat setelah gue sms-an sama dia waktu lagi bobok gemes di IGD, selain itu dia dapet off sampe tanggal 1. Sebagai anak yang minum ASI sampe 2 tahun, gue ngejemput Mahar di bandara, sekalian to prove him, kalo temennya dari TK ini udah sehat dan tetep fabulous.

Kompeni !!

Kita udah dapet destination nya, yaitu Pacitan, kotanya SBY dilahirkan. Tapi kita masih berdebat sengit, "makin cepet makin bangus Ni, kalo bisa tanggal 26". Setreslah gue, Dia mah enak dapet off, lha gue masih punya tanggungan ngantor. "28-29 aja ya, sabtu minggu" gue udah nyeting suara semelas mungkin, dengan kejam nya ala kompeni Mahar bilang "27-29, habis jumatan lah kita berangkat". Udah ngga bisa di tawar. Untungnya Mamang mau gantiin gue jaga di hari Sabtu dan gue boleh pulang cepet di hari Jumat.

Jam Karet

Gue udah usahain pulang cepet, tapi apa daya gue kekunci di pintu gerbang kantor. Jadi gini, setiap waktu jumatan tiba gerbang masuk dan keluar di kantor gue baik yang di depan maupun di belakang bakal di kunci, soalnya abang-abang yang jaga parkir mau Jumatan biar tambah ganteng semacam Ariel Noah. Jadi kalo mau pulang cepet dihari Jumat, kita saya harus cabut sebelum jam sholat Jumat, padahal pasien-pasien di poli saya biasanya baru pada bubar mendekati jam Sholat Jumat. Zoonk bener. Lebih konyolnya lagi pas saya sampe di depan gerbang, gerbang pas di tutup, Abang yang njaga parkir senyum manis banget ke saya sambil bilang "nunggu saya kelar jumatan duu ya mbak Nia, nanti tak bukain kok". Pfttttt
   Alhasil gue baru sampe rumah jam 13.30, mana gue belum packing. Untunnya tadi dikantor gue udah sempet nuis barang apa aja yang mesti di bawa beserta kuantitasnya. Belum juga gue kelar packing, masih juga pake baju seragam kantor, Mahar udah sampe aja di depan rumah. Kejadian selanjutnya bisa di tebak, dia nungguin gue packing dan siap-siap sambil gulung ngga punya malu di rumah gue. Biarinlah.
   Jam 14.15 gue kelar packing, tapi gue masih galau, bingung mau pake sepatu converse yang mana. Setelah gue bisa mengambil keputusan jam udah menunjukan pukul 14.35. Nanggung banget, sebentar lagi adzan ashar. Ini adzan ashar yang paling lama yang perna gue tunggu. Udah jam 15.00 pun, masjid di deket rumah gue belum mendendangkan suara, sampe gue pengen sms muazinnya ngingetin buat adzan. Diantara kegusaran gue menunggu adzan Mahar berali-kali nyeletuk "Sini aku adzanin aja, trus kamu tidur, tinggal aku sholatin".

Un-plan, Unexpected and Un-directional Trip

Akhirnya jam 15.20 setelah pamitan sama Mama Endang, kita berangkat menusuri jalan, bermodalkan GPS. Gue sih sudah 4 kali ke Pacitan, tapi selama itu pula gue cuma berperan sebagai anak yang ngantuk waktu di gonceng motor, dan ketika kesadaran gue pulih, secara magic gue on the spot aja, terimakasih cowok-cowok perkasa di @BPI_Solo.
   Mahar apalagi, dia sering ngaku urang Bandung, jalan ke Sukoharjo aja dia bisa nyasar. Jantung saya makin berdetak kencang, tau travelmate saya kali ini agak kacau arah. Solo-Pacitan ngga terlalu jauh, antara 3,5 - 4 jam. Tapi sangat tidak direkomendasikan untuk melakukan perjalanan malam. Walaupun sarana prasarana jalan semenjak SBY jadi presiden udah semulus pahanya Dian Sastro, tapi penerangan jalan sangat minim, semini roknya Jenitta Janet. Belum lagi kendaraan yang melintas sangatlah jarang. Jadi kalo di ibaratkan, ketika kamu nengok kebelakang, jalan bakal hilang, karena yang gue lihat cuma kegelapan di belakang gue. Pertanda buat para jomblo untuk move on.
   "Ini namanya petualangan Ni", gue cuma senyum kecut aja kalo Mahar mulai mengulang kata-kata itu. Kita ngga bawa tenda, sleeping bag atau trangia."Lets make this trip very simple darling" jawaban yang selalu dia keluarkan kalo gue udah mulai panik ngingetin kita cuma bawa motor, pinter banget ni bocah teasing gue.
   Fix, modal kita cuma GPS dan signal. Kalo hp mati atau sinyal menghilang dimakan macan, kita berdua bakal stuck. Karena gue adalah orang yang cerdas gue masih punya 1 GPS lainya. #1 GPS = Gunakan Penduduk Sekitar (baca: tanya).

pemandangan yang gue dapet di jalan, somewhere in Wonogiri

Makan Mi Ayam di Desanya Bob Marley

Both of us adalah pecinta Mi Ayam. Dalam trip ini kita juga menyisipkan misi, makan mi ayam di kota kelahirannya, Wonogiri. Tapi karena memburu waktu banyak warung mi ayam di Wonogiri kota yang terlewatkan. Saat sadar kami sudah ada di Baturetno, kota kecil nan sepi, tapi ceweknya cakep-cakep. Pengalaman 4x ke Pacitan bikin saya sedikit familiar rute. "Selepas pasar ini kita bakal susah cari makan lho, ini tempat paling happening di sini" gue udah berusaha ngingetin rider gue. "Ngga ada yang menggugah selera Ni, kurang rame warungnya".
   Bener aja, selepas pasar Baturetno nyaris ngga ditemui warung, cuma jalan sepi dan sesekali berpapasan sama kendaraan lain. Gue yang kata dokter ngga boleh telat makan (alibi), udah cemas. Ada sih warung wedangan kecil yang sesekali terlihat di mata, tapi gue yakin Mahar masih ngebet makan mi ayam. Sampai di Giriwoyo, penghujung Wonogiri. Gue ngasih ultimatum, "see, jalan di depan udah tambah gelap, yakin kita baru bakal ketemu warung setelah sampe Pacitan, dan kita bakal bego kalo laper, logistik mempengaruhi logika". Akhirnya kita puter baik menuju beberapa deretan warung yag ada di pengkolan jalan Giriwoyo. Ada sebuah warung mi ayam yang agak rame, kita berhenti di situ. Senam pantat bentar dan mesen Mi Bakso. Sebelum duduk gue biskin ke Mahar "kayaknya ini rame gegara rombongan mobil yang pakir di depan". Kali ini dengan unsur kepepet Mahar tetep mau makan di sana "udah deh ngga papa ketipu mi ayam yang rame gegara rombongan". Yak akhirnya kita makan mi ayam di tanah asalnya, Wonogiri, didesanya nya Bob Marley, Giri-woyoooooo.

Tidur di SPBU boleh ??

Setelah makan, jalan yang kita hadapi makin serem, gelap dan sepi. Bensin perut udah keisi, patner gue makin semangat ngometarin apapun. Dari ngomentarin mobil bak terbuka yang di pake buat ngangkut orang selusin, sampe bolak balik ngomong ini kota zombi, trus gosip ada hotel besar di pinggir jalan, yang sepi dan jauh dari tetangga, dan dia malah berfantasi kalo nginep di situ terus ada psikopat. Rasa rasanya udah pengen gue sumpel pake helm deh.
    Kesalahan kita dari awal adalah ngga menyamakian visi dan misi. Gue pengen nginep di sebuah guest house di Pantai Watu Karung, yang punya expatriate ganteng, istrinya orang pacitan dan anaknya lucu. Dulu gue sempet ngobrol sama mereka waktu belanja ikan di pantai Watu Karung buat beach camp di pantai Srau. Patner gue berangapan bakal lebih baik kalo kita cari penginapan di tengah kota, lebih mudah buat cari makan menurutnya.
   Cuma masalahnya, gue ngga tau jalan ke Watu Karung dan Mahar juga ngga tau kita mau stay dimana, unplan. Gue udah usul tidur di Musola SPBU aja, mata gue udah ngantuk men, tapi di tolak. Dari tanya bapak yang ngecor bensin di SPBU, mas alfamart, tukan tambal ban, ngga ada satupun yang memecahkan masalah kita tidur di mana. Capek, dingin dan ngantuk.
   Akhirnya kita memutuskan mengeber motor searah dengan kemana arah angin berhembus. Setiap ada plang hotel/penginapan kita turut aja. Udah sampe di tengah kota, plang plang itu berdusta. Kita cariin yang katanya di samping ini itu ono, ngga ada.
   Muter muter kita susurin jalan satu persatu, jam menunjukan pukul 20.00. Pacitan kota udah sepi, cuma ada beberpa resto yang rame rombongan bis, dan ada satu tempat nongkrong buat ngopi sambil duduk manis. Gue udah ngiler pengen kesana. "Jam segini kalo di Solo, gue baru mau mandi terus main, ini di sini udah sepi aja kaya kuburan" nyesel gue nyeletuk begituan. Mendadak suasana jadi horor.

Setelah pencarian yang cukup bikin laper, kita sampe di jalan menuju alun alun. Disitu bejejer banyak hotel dan peginapan, tinggal pilih. Yuhuuuuuuu. Semangat gue bangkit, gue susurin satu per satu tanya rate yang paling murah, fasilitas bla bla bla dan yang terpenting available room left. Ada sih yang gue taksir, hotel remaja, tempatnya bersih, ratenya cuma 60 ribu/kamar double bed. Cuma waktu itu gue pengen sekalian stay 2 hari, tapi bisanya sehari doang. Udah ada bookingan rombongan entah dari mana. Akhirnya gue kembali ke hotel pertama yang gue datengin. Rate nya 90rb/malam double bed. Setelah isi ini itu gue dapet kamar, pas balik badan gue ngeliat Mahar senyum najis "Ngga mau liat kamarnya dulu?". "Namanya petualangan, udah bagus kok" gue udah lemes. Begitu gue liat kamarnya, damn! kok serem yaa. Remang-remang gitu. "Ini ngga ada persewan temen buat nemeni tidur ya?". Dan travelmate gue dengan senyum menghina masuk ke kamarnya.

Peta Penolong

Note::

1. Untuk cari penginapan di Pacitan, arahkan tujuan anda ke alun-alun. Selain banyak hotel betaburan di pinggir jalan, banyak warung dan minimarket yang tersedia. Ratenya juga cukup ramah di kantong. Bisa share room juga (kalo mau)
2. Pliss jangan tanya hotel bintang 5, disini ngga ada. (Insya Allah, besok gue yang bikin. Aamiin)

All this photograph taken by I-phone. No DSLR, its a simple trip :p. This is part 1 from 3, see you in the middle and bottom part.